Tak Kenal Maka Tak Sayang

Assalamualaikum wr.wb

cropped-jajan-pahala-logo1.png

“Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” (Q.S. Al Baqarah ayat 215)

Dear pembaca,

Izinkan kami memperkenalkan diri kami, Jajan Pahala. Awalnya, Jajan Pahala hanya kumpulan empat orang mahasiswi yang pengen bisa bermanfaat buat orang, sadar diri juga kuliah sampai semester 8 tapi belum bisa ngasih apa-apa ke lingkungan sekitar hehe. Akhirnya maksain diri buat bisa sedekah, sedekah pertama buat ta’jil untuk buka puasa sunah kamis, pake uang kita seadanya. Pas udah mulai, lalu cerita ke temen-temen sekitar, ternyata mereka excited banget pengen bantu, Alhamdulillah. Nama Jajan Pahala dipilih karena kami pengen uang yang sehari-hari kita pake jajan juga bisa bantu orang-orang sekitar dan akhirnya jadi pahala (amin).

Konsepnya, Jajan Pahala menampung uang dari siapapun yang mau sedekah tapi bingung untuk sedekah dimana supaya uang yang mereka sedekahkan tepat sampai ke tangan-tangan orang yang membutuhkan. Secara rutin, setiap satu minggu sekali, kami menyedekahkan uang amanat temen-temen. Untuk tujuan sedekah kami cari dan kunjungin sendiri supaya bisa lihat langsung keadaan orang-orang yang ga mampu tersebut. Tapi, kami usahakan sedekah yang kami berikan sudah berupa barang-barang kebutuhan bukan berupa uang, untuk memastikan sedekah kita tepat sasaran apa yang mereka butuhkan. Jadi, secara ga langsung, tim jajan pahala bisa ikut nebeng sedekah walaupun ga punya uang hehe. Dan ternyata, setelah bener-bener datang langsung ke *TKP (Tempat Kejadian Perkara) banyak banget ilmu-ilmu kehidupan yang cuma bisa didapetin kalo kita ketemu dan melihat langsung keadaan sekitar kita.

Sampai sekarang, Jajan Pahala masih konsisten memberikan sedekah setiap minggunya. Kalo lagi ga bisa banget, biasanya kami hanya memberikan sedekah berupa uang ke tempat-tempat yang sudah kami kunjungi sebelumnya. Kami juga mengusahakan untuk selalu mendokumentasikan setiap kegiatan di blog ini sehingga para donatur bisa tau kemana perginya uang yang mereka donasikan. Buat yang pingin jadi relawan juga dan ikutan bantu kegiatan kita juga boleh banget kok! Kita seneng banget malah kalo banyak yang berminat sama-sama join dalam kegiatan mingguan kita. Makin rame makin seru hehe…

Kami punya mimpi Jajan Pahala bisa secara kontinu memberikan manfaat untuk orang lain hingga kami tua nanti. Selain itu, kami juga berharap Jajan Pahala bisa menjadi salah satu sarana silaturahmi bagi para donatur dan relawannya sehingga terjalin ukhuwah islamiyah yang erat.

Jazakumullah khairan katsiran wa jazakumullah jaza…

4 thoughts on “Tak Kenal Maka Tak Sayang

  1. Lokasi saya di bekasi, kalau mau ikutan nyumbang baju bekas bs dikirimkan kemana ya alamatnya?
    Mohon utk dibls. Trims

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s